Apa itu Leads Management System? Bagaimana cara kerjanya?

Apa itu Leads Management System dan bagaimana cara kerjanya

Leads Management System atau Sistem Manajemen Prospek adalah sistem informasi yang mengelola calon pelanggan dan pelanggan bisnis Anda untuk membuat perencanaan, penjadwalan, dan pengendalian aktivitas pra dan paska penjualan dalam sebuah perusahaan. Pada umumnya, Leads Management System ini terintegrasi dengan berbagai sistem lainnya, seperti POS, inventory, sales management, dan lain-lainnya.

Pada awalnya Leads Management System mengandalkan tulisan tangan dan Rolodex. Namun seiring dengan perkembangan jaman, pengelolaan pelanggan kini bisa diotomatiskan dengan bantuan software seperti Leads Management System. Aplikasi ini mampu membantu perusahaan dalam mengelola data pelanggan dan proses penjualan. Inilah yang membuat Leads Management System jadi salah satu sistem yang paling banyak dicari pebisnis di seluruh dunia.

Apa saja keuntungan perusahaan menggunakan Leads Management System?

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari menggunakan Leads Management System Di antaranya adalah:

  1. Meningkatkan layanan pelanggan:
    Dengan bantuan Leads Management System, semua karyawan memiliki pengetahuan yang sama terhadap kebutuhan spesifik dan interaksi pelanggan. Dengan demikian, layanan pelanggan bisa ditingkatkan dengan meningkatnya respon terhadap pelanggan dan karakteristiknya.
  2. Kemudahan proses segmentasi pelanggan:
    Leads Management System memudahkan karyawan customer service Anda untuk melakukan segmentasi pelanggan dengan tepat. Leads Management System secara otomatis akan mengelompokkan daftar kontak pelanggan berdasarkan kriteria yang ditentukan sebelumnya.
  3. Meningkatkan penjualan:
    Leads Management System membantu perusahaan dalam menyederhanakan proses penjualan, mengotomatiskan berbagai tugas customer service dan tim sales, dan membuat analisis data penjualan di satu sistem terpusat. Hal ini menjadikan tim CS dan sales Anda jadi lebih produktif dan mampu meningkatkan proses penjualan.
  4. Meningkatkan customer retention:
    Dengan Leads Management System, Anda bisa menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan mempertahankan mereka agar menjadi pelanggan setia bisnis Anda dari waktu ke waktu.

Kenapa setiap bisnis memerlukan Leads Management System?

Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan adalah kunci sukses dalam berbisnis. Inilah yang membuat peran Leads Management System menjadi demikian penting untuk meningkatkan keuntungan perusahaan. Berikut ini beberapa peran penting manajemen prospek bagi perusahaan:

  1. Kemudahan akses data pelanggan:
    Leads Management System adalah sistem pengelolaan pelanggan yang terkomputerisasi sehingga memudahkan pebisnis untuk mengakses data pelanggan kapan dan di mana saja ia berada. Data pelanggan yang tersimpan di satu sistem memudahkan tim customer service dan sales dalam mengelola pelanggannya.
  2. Menyederhanakan proses:
    Leads Management System terbaik memudahkan perusahaan dalam mengoptimalkan alur proses, standarisasi alur kerja yang berhubungan dengan penjualan, pemasaran dan layanan pelanggan sehinggan koordinasi antar tim bisa terbangun dengan lebih baik.
  3. Meningkatkan loyalitas pelanggan:
    layanan after sales tidak kalah pentingnya dengan penjualan dan pemasaran. Leads Management System membantu perusahaan dalam meningkatkan layanan after sales-nya dengan meng-update informasi kontak, pencatatan data pelanggan, hingga pengkategorian pelanggan berdasarkan umur, jenis kelamin atau pembelian secara otomatis.
  4. Peningkatan profit:
    Dengan sentralisasi data pelanggan, pelayanan terhadap keluhan pelanggan dari berbagai kanal bisa dipantau dalam satu layar. Dengan demikian, semua pihak yang bertugas menangani pelanggan hanya perlu mengakses Leads Management System untuk mendapatkan data terbaru sehingga tidak ada lagi kesalahan komunikasi. Hal ini terbukti bisa meningkatkan keuntungan perusahaan ke depannya.

Apa saja contoh penerapan Leads Maagement System pada perusahaan?

Salah satu contoh penggunaan Leads Management System yang paling umum di perusahaan-perusahaan adalah melalui email marketing. Dengan email marketing, perusahaan bisa mengirimkan info terbaru seputar produk dan layanan terbaru yang dipersonalisasi sesuai dengan preferensi dari masing-masing pelanggan. Hal ini membuat pelanggan benar-benar mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Selain itu, Leads Management System dapat mengumpulkan data pelanggan dari berbagai saluran komunikasi, seperti website, email, telepon, chat, hingga media sosial. Dengan ini, data pelanggan dari berbagai kanal bisa disimpan di satu sistem terpusat untuk kemudahan akses data bagi pihak-pihak yang membutuhkannya.

Masih ada banyak manfaat lain yang akan Anda dapatkan ketika beralih menggunakan Leads Management System. Dapatkan info lebih lanjut seputar Leads Management System dengan DMS Group

Share This Post!