Apa itu Live Chat? Bagaimana cara kerjanya?

Apa itu Live Chat Bagaimana cara kerjanya

Live chat adalah layanan komunikasi berbasis teks yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi secara langsung dengan agen atau operator melalui pesan teks dalam waktu nyata. Ini adalah alat yang digunakan di banyak situs web, aplikasi, atau perangkat lunak untuk memberikan dukungan pelanggan, menjawab pertanyaan, memecahkan masalah, atau melakukan komunikasi lainnya secara langsung dengan pengguna.

Cara kerja live chat pada perangkat lunak ERP (Enterprise Resource Planning) dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Integrasi dengan ERP

    Pertama, live chat diintegrasikan dengan perangkat lunak ERP. Ini biasanya melibatkan pemasangan atau konfigurasi khusus yang memungkinkan live chat untuk mengakses data dan informasi dari sistem ERP.

  2. Pelanggan atau Pengguna Masuk

    Pengguna ERP atau pelanggan yang membutuhkan bantuan atau ingin berkomunikasi dengan tim dukungan dapat masuk ke perangkat lunak ERP.

  3. Aktivasi Live Chat

    Biasanya, ada tombol atau ikon live chat yang tersedia dalam perangkat lunak ERP. Pengguna dapat mengklik tombol ini untuk memulai sesi live chat.

  4. Koneksi dengan Operator

    Setelah pengguna memulai sesi live chat, mereka akan terhubung dengan operator atau agen yang tersedia. Operator ini adalah anggota tim dukungan atau staf yang bertanggung jawab untuk merespons pertanyaan dan permintaan pengguna.

  5. Pertanyaan dan Respon

    Pengguna dapat mengajukan pertanyaan, melaporkan masalah, atau meminta bantuan melalui live chat. Operator akan merespons pertanyaan dan permintaan ini dalam waktu nyata melalui pesan teks.

  6. Pemecahan Masalah atau Bantuan

    Operator live chat dapat memberikan panduan, solusi, atau bantuan teknis sesuai dengan kebutuhan pengguna. Mereka dapat mengambil tindakan untuk memecahkan masalah atau memberikan informasi yang diperlukan.

  7. Pemantauan dan Pelacakan

    Selama sesi live chat, semua percakapan dapat dipantau dan dicatat untuk tujuan pelacakan dan pelaporan. Ini membantu perusahaan melacak komunikasi dengan pelanggan dan pengguna ERP.

  8. Penutupan Sesi

    Setelah masalah atau pertanyaan pengguna telah diselesaikan, sesi live chat dapat ditutup. Pengguna biasanya memiliki opsi untuk menyimpan transkripsi chat sebagai referensi.


Kesimpulan

Live chat pada perangkat lunak ERP membantu dalam memberikan dukungan pelanggan yang cepat, efisien, dan responsif. Hal ini juga memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan data penting tentang kebutuhan dan masalah pelanggan, yang dapat digunakan untuk meningkatkan layanan pelanggan dan pengembangan produk ERP. Masih ada banyak manfaat lain yang akan Anda dapatkan ketika beralih menggunakan modul Live chat. Dapatkan info lebih lanjut seputar sistem Live chat dengan DMS Group

Share This Post!